Iklan adalah bentuk komunikasi seseorang, instansi, atau perusahaan yang digunakan untuk menyampaikan informasi secara menarik agar khalayak ramai tertarik untuk menggunakan produk yang diiklankan.Penulisan iklan digunakan untuk menawarkan produk atau ide-ide padakhalayak ramai.
Jenis-jenis Iklan
1. Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang bertujuan untuk memberikan penerangan atau penjelasan kepada masyarakat.
Contoh :
iklan bahaya merokok, iklan KB, iklan hemat energi, iklan selamatkan lingkungan
2. Iklan Penawaran atau Reklame
Iklan penawaran atau reklame bertujuan agar produk atau jasa yang ditawarkan laku di pasaran.
Contoh : iklan barang-barang niaga
Ilustrasi :
Dikontrakkan rumah di Griya Asri Indah. Fasilitas lengkap. Hubungi (0251) 88888883. Iklan Pengumuman atau Pemberitahuan
Iklan pengumumuman atau pemberitahuan bertujuan untuk menarik perhatian khalayak ramai.Iklan jenis ini umumnya digunakan oleh instansi pemerintah, lembaga-lembaga masyarakat dan keluarga.Biasanya iklan jenis ini menggunakan huruf kapital.Contoh : “PENGUMUMAN”, “TURUT BERDUKA CITA”
Berdasarkan penggunaannya media iklan dapat digolongkan menjadi :
1. Iklan radio dengan menggunakan efek suara.
2. Iklan media cetak dengan menggunakan efek gambar atau teks.
3. Iklan televisi dengan menggunakan efek gambar, suara, dan teks.
Syarat-syarat pembuatan iklan :
1. Isi iklan.
a. Objektif dan jujur.
b. Singkat dan jelas.
c. Tidak menyinggung perasaan golongan masyarakat atau produsen lainnya.
d. Menarik perhatian
2. Bahasa iklan.
a. Mudah dipahami dan mudah diingat
3. Berkonotasi positif yang bisa mempengaruhi dan meyakinkan khalayak ramai. Menimbulkan sikap penasaran khalayak ramai
http://rangkuman-pelajaran.blogspot.in/2010/01/bahasa-indonesia-iklan.html?m=1
Tanggal 27 September 2014