1. Penyiar : Oke. Pengalaman kehidupan seperti apa yang
pernah kalian pahami dari lagu?
Saskia : Dalam lagu-lagu yang dinyanyikan kaum muda biasanya pengalaman cinta, kak!
Tapi kalau kita mendengarkan lagu-lagu Ebiet
G. Ade ada pengalaman kerohanian yang sangat kaya. Misalnya dalam lagu ”Berita
Kepada Kawan” lagu itu mengisahkan pengalaman Ebiet bertemu seorang anak kecil
yang ayah ibunya meninggal dalam bencana alam.
Apakah
tema dialog di atas?
a. pengalaman menyanyikan lagu-lagu kaum muda
b. pengalaman yang dapat dipetik dari
menyanyikan lagu
c. pengalaman kehidupan yang dapat kita petik
dari lagu
d. pengalaman Ebiet. G. Ade dengan anak kecil
2. Apakah kesimpulan dialog interaktif di
atas?
a. lagu-lagu kaum muda biasanya
pengalaman cinta
b. lagu-lagu Ebiet. G. Ade bisanya pengalaman
kerohanian
c. lagu-lagu kaum muda biasanya pengalaman
cinta sedangkan lagu Ebiet. G.Ade tentang pengalaman kerohanian
d. lagu Ebiet. G. Ade adalah pengalaman
bertemu anak kecil yang ditinggal ayah ibunya
3. Manakah kalimat berikut yang berupa
pendapat nara sumber?
a. Lagu-lagu kaum muda biasanya
pengalaman cinta
b. Ebiet. G. Ade menyanyikan lagu berita
kepada kawan
c. Ebiet. G. Ade bertemu anak kecil
d. Anak kecil ditinggal ayah dan ibunya
4. Manakah berikut ini berupa komentar yang
meyakinkan dari pendapat nara sumber di atas?
a. lagu-lagu cinta pasti disukai anak
muda
b. pengalaman kerohanian kita bertambah kaya
dengan mendengar kisah anak kecil yang ditingggal orang tuanya
c. lagu-lagu cinta memang menyenangkan kaum
muda
d. lagu-lagu Ebiet. G.Ade memperkaya
pengalaman kerohanian pendengarnya
5. Syair Perahu
Wahai muda, kenali dirimu
Ialah perahu tamsil tubuhmu
Tiadalah beberapa lama hidupmu
Ke akhirat jua kekal diammu
....
Apakah tema syair di atas?
a. kita harus mengenali diri kita
masing-masing
b. kehidupan dunia sementara
c. kehidupan akhirat akan kekal
d. kehidupan dunia hanya sementara dan yang
kekal kehidupan akhirat
6. Apakah pesan penulis syair yang ingin
disampaikan?
a. agar kita memahami arti kehidupan yang
tidak kekal
b. kehidupan dunia seperti perahu
c. hidup kita tidak lama
d. keakhirat juga kita nanti
7.
Muaranya dalam, ikanpun banyak
Di
sanalah perahu keram dan rusak
Karangnya
tajam seperti tombak
Ke
atas pasir kamu tersesak
Dilihat dari segi bentuknya, karya sastra di atas
disebut ....
a. puisi
b. pantun
c. Syair
d. gurindam
8.
|
No.
|
Jumlah
larik
|
Jumlah
Suku kata
|
sajak
|
Isi
|
1.
2.
3.
4.
|
4
4
4
4
|
8-10
8-12
8-12
8-12
|
ab-ab
ab-ab
ab-ab
aa-aa
|
Dongeng/cerita
Nasihat/dongeng
Petuah/cerita
Nasihat/cerita
|
Ciri-ciri syair yang paling tepa terdapat pada
tabel nomor berapa?
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
9. Apabila dilihat dari segi ppersamaan bunyi
pada ujung baris puisi lama (syair) mempunyai pola ....
a. ab-ab
b. aa aa
c. abcb
d. aa bb
10. Disebut apakah karya sastra lama yang
berisi 4 baris sebait yang isinya menyebar diseluruh baris
a. pantun
b. syair
c. gurindam
d. talibun
11. Cerita
Sincan justru merusak nilai pendidikan yang kita tanamkan kepada anak-anak.
Komentar logis atas pendapat di atas adalah ....
a. pendapat tersebut benar karena cerita
Sincan tampil dengan ketidaksopanan
b. pendapat tersebut benar, karena tidak
selayaknya nilai pendidikan ditampilkan melalui kartun
c. pendapat tersebut benar karena karena
sinetron Sincan berasal dari negara lain
d. pendapat tersebut benar karena Sincan
tidak cocok ditonton anak-anak
12. Manakah berikut ini yang merupakan
kritik dari yang paling logis?
a. Wajar kalau lukisan itu laku mahal karena
yang membeli orang kaya
b. Lukisan tersebut bagus karena memang mahal
c. Lukisan itu bagus, karena dibuat oleh
pelukis terkenal
d. Wajar kalau bagus karena catnya banyak
13. Jika Anda mengkritik sebuah lukisan, hal
apa yang menjadi bahan pertimbangan?
a. alat yang digunakan
c. Tempat melukisnya
b. pelukisnya
d. Hasil lukisannya
14. Nanti-nantikanlah
Rumput
kering menguning
Terhampar
luas
Gemetar
tampak hawa panas
Atas
padang sunyi
Apakah kelebihan penggalan puisi di atas?
a. barisnya hanya empat
b. persamaan bunyi menarik
c. menggunakan makna kias
d. sulit dipahami maknanya
15. Apa kelemahan puisi di atas?
a. sebait berisi empat baris
b. bunyi di akhir baris
c. kata-katanya indah
d. sulit dipahami maknanya
16. Ada lukisan pantai Bali saat mentari
hampir terbenam karya Gunarsa.
Apakah kritikan yang paling baik?
a. Lukisannya bagus, sayang warna mataharinya
kurang cerah sedikit.
b. Lukisan itu bagus, pokoknya bagus
c. Lukisan itu jelek, saya tidak senang
d. Lukisannya bagus sayang yang melukis bukan
Afandi
17. Dalam rangka bulan bahasa, SMPN Megang
Sakti mengadakan lomba baca puisi. Banyak siswa yang menyukai lomba baca puisi
tersebut.
Unsur berita apakah yang tidak ada dalam laporan
berita tersebut?
a. di mana
c . mengapa
b. kapan
d. bagaimana
18. Saudara, saya ini berada di lokasi
kebakaran kompleks pertokoan menara kencana. Tampak api masih menyala-nyala
melalap kios di bagian timur.
Unsur apakah yang belum ada pada
laporan di atas?
a. apa
c. bagaimana
b. di mana
d. mengapa
19. Setiap pagi Widodo keluar dari gubuknya, meninggalkan istri dan kedua
anaknya, membawa tas hitam murahan. Sudah seminggu ini persediaan beras di
rumah menipis. Istrinya meratap tetapi Widodo hanya mengatakan agar menunggu
berapa hari. ”Aku akan pulang dengan tas hitam ini penuh dengan uang”.
Siapa mau membeli teko itu dengan harga jutaan
rupiah seperti impianmu? Yang kuperlukan bukan uang sebanyak itu,
aku hanya ingin beras dan ikan asin. Aku tak tahan melihat anak-anak menangis
karena lapar” ujar istrinya.
Dari penggalan cerpen di atas alur cerpen yang
dilukiskan secara menonjol adalah ....
a. setting
c. konflik
b. pengenalan masalah
d. penyelesaian
20. Manakah berikut ini yang merupakan setting
dari penggalan cerpen di atas?
a. pagi hari di sebuah gubuk
b. gubuk
c. pagi hari
d. Setiap pagi
Tanggal 4 Oktober 2014