twitter
rss

POLUSI DI JAKARTA


                Mereka yang tinggal di Jakarta sesungguhnya adalah para pemberani. Sejak terbit fajar sampai terbit kembali, maut selalu mengintai di sekeliling mereka. Bukan saja dari tindak kriminal yang memang kian mengerikan, melainkan juga dari udara yang mereka hirup dan air tanah yang mereka konsumsi. Warga Jakarta memang hidup dalam kepungan kerusakan lingkungan yang kronis. Mereka menghadapi semua itu setiap hari. Dalam sebuah acara diskusi di Jakarta belum lama ini, Deputi Pembinaan Sarana Teknis Pengelolaan Lingkungan Hidup, Kementerian Lingkungan Hidup, Masnelliarty Hilman, menuturkan bahwa pencemaran udara di Jakarta sudah mencapai titik kritis. Akibatnya, timbullah penyakit pernapasan, asma, iritasi mata, kulit, hingga kematian. Di Jakarta meningkatkanya gejala autisme pada anak dan turunnya IQ secara merata adalah akibat polusi udara.
                Bagaimana kondisi air yang sehari-hari mereka minum? Ada tiga sungai di sekitar ibu kota yang airnya digunakan sebagai bahan baku air minum. Sungai itu adalah Sungai Ciliwung, Sungai Krukut, dan Sungai Kalimalang. Berdasarkan data Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI, tercatat bahwa kualitas air di ketiga sungai itu telah melampaui baku mutu yang telah ditetapkan.
Dari arah laut, polusi ikut mengancam. Beberapa waktu lalu ditemukan ikan-ikan di Teluk Jakarta mengalami kematian massal. Ada penjelasan mengenai sebab kematian itu, yakni akibat panas, unsur hara, unsur logam berat, unsur sedimen, polutan organik, persisten, dan hidro karbon.
                Lengkap sudah bayang-bayang kematian mengintai warga Jakarta setiap hari. Ancaman terburuk itu dapat dihindari jika ada sesuatu yang dilakukan. Ekosistem membutuhkan keseimbangan. Saat ini keseimbangan tersebut sudah rusak akibat ulah manusia sendiri. Mengembalikan keseimbangan itulah yang mesti dilakukan. Jelas ini bukan hanya tugas pemerintah, melainkan semua anggota masyarakat.


1. Gagasan utama paragraf pertama wacana di atas adalah….
a. Warga Jakarta terancam maut dari tindak kriminal.
b. Warga Jakarta terancam dari pencemaran udara.
c. Warga Jakarta merusak lingkungan setiap hari.
d. Warga Jakarta terancam dari kerusakan lingkungan.


2. Kalimat berikut ini yang merupakan opini dari wacana di atas adalah….
a. Masnelliaty menuturkan pencemaran udara di Jakarta.
b. Dari arah laut, polusi ikut mengancam.
c. Beberapa waktu lalu ditemukan ikan di Teluk Jakarta mengalami kematian massal.
d. Ada tiga sungai di sekitar ibu kota yang airnya digunakan sebagai bahan baku air minum.


3. Berikut ini yang merupakan fakta dalam wacana di atas adalah….
a. Sejak terbit fajar sampai terbit kembali, maut setia mengintai di sekeliling mereka.
b. Berdasarkan data BPLHD DKI, tercatat bahwa kualitas air di ketiga sungai telahmelampaui baku mutu.
c. Lengkap sudah bayang-bayang kematian, mengintai warga Jakarta.
d. Kerusakan lingkungan tidak dapat diperbaiki.


4. Kesimpulan yang tepat dari isi wacana di atas adalah….
a. Kerusakan lingkungan hanya sedikit mendatangkan sumber penyakit.
b. Upaya apa pun yang dilakukan pemerintah dalam memperbaiki lingkungan hanya sia-sia.
c. Pencemaran lingkungan harus segera diatasi bersama.
d. Upaya pencegahan kerusakan lingkungan perlu waktu panjang.
5. Pemerintah akan melakukan survei kebutuhan dasar pendidikan di sekolah sebagai salah satu solusi pemecahan permasalahan pendidikan. Survei tersebut diharapkan memberikan hasil terwujudnya pendidikan murah/gratis. Sekolah murah akan menjangkau semua kalangan masyarakat sehingga dapat menjadi jalan keluar dari masalah pendidikan di negara ini.


Kritik yang sesuai untuk isi bacaan di atas adalah….
a. Pendidikan murah belum tentu mampu menjangkau semua lapisan masyarakat karena masih banyak orang yang belum sadar pendidikan.
b. Survei sebaiknya tidak hanya berorientasi pada pendidikan murah, tetapi lebih memikirkan kualitas dan jaminan masa depan lulusan.
c. Masalah pendidikan jelas tidak dapat diselesaikan dengan survei kebutuhan dasar pendidikan.
d. Pendidikan murah tidak dapat dilaksanakan karena pendidikan membutuhkan biaya yang sangat besar.


6. Jln., Rmh, LT 200, LB, ISD, Jln. Muh TAMRIN 25A (Sebelah BRI) T.0813234545
Jln., Rmh, LT, dan LB dalam iklan baris di atas merupakan singkatan dari ….
a. dijual, rumah, lantai, dan lebar
b. jual, rumah, luas tanah, dan luas bangunan
c. jual, rumah, luas tanah, dan luas bangunan
d. jual, rumah, lantai, dan luas bangunan


7. Sony memiliki sepeda bermerek Honda Supra yang dibeli tahun 2000 dalam keadaan baru.
Saat ini kondisi mesin masih bagus. Sony tinggal di Jalan Ronggo Warsito 20 Surakarta akan menjual sepeda motornya dengan cepat dengan harga tujuh juta rupiah. Yang berminat dapat menghubunginya ke Handphone081329456789


Penulisan iklan baris yang tepat adalah….
a. Dijual Honda Supra 2000, mesin bagus, harga nego, hubungi Sony Jalan Ronggowarsito 20 Surakarta Handphone 081329456789
b. Jln. Honda Supra th 2000, msn bagus. Hrg 7 jt Hub. Sony Jl. Ronggowarsito 20 Surakarta HP 081329456789
c. Djl. Hd. Supra. Msn. Bgs. Hrg 7 Jt. Hub. Sony Jln Ronggowarsito 20 Surakarta.
d. Djl. Hd. Supra. Msn. Bgs. Hrg 7 jt Hub. Sony 081329456789


8. Untuk mengetahui informasi tentang sebuah istilah penting dengan cepat dan tepat, kita harus membaca….
a. buku telepon
b. Indeks
c. ensiklopedia
d. daftar kata


9. Bacalah indeks pengarang di bawah ini!
Sutan Takdir Alisyahbana : 16, 170, 175
Chairil Anwar : 2, 19, 25, 170
Sanusi Pane : 30, 37, 45, 60
Rosihan Anwar : 37, 45, 50, 60


Jika kamu ingin mengetahui informasi tentang Sanusi Pane dan Rosihan Anwar, kamu dapat melihat halaman….
a. 30, 37, 45
b. 37, 45, 60
c. 25, 50, 30
d. 60, 170, 175


10. Manfaat resensi buku adalah….
a. mengetahui harga buku.
b. mengetahui teknik penulisan.
c. mengetahui kelebihan dan kekurangan buku.
d. mengetahui teknik penulisan buku dan pengarang yang bagus.


11. Berikut hal-hal yang dapat dinilai dari buku yang diresensi, kecuali….
a. jumlah buku
b. data buku
c. penggunaan bahasa
d. kelebihan dan kekurangannya


12. Kalimat berikut ini berupa kritik/saran dengan bahasa yang santun adalah….
a. Belajarlah yang tekun supaya tidak goblok!
b. Belajarlah yang rapi agar prestasimu menurun!
c. Belajarlah yang rajin, prestasimu akan meningkat!
d. Belajarlah bagaimanapun kamu tidak akan pintar!


13. Ia malas belajar…tidak dapat mengerjakan soal.
Konjungsi yang tepat untuk kalimat tersebut….
a. sebab
b. karena
c. sehingga
d. akibat


14. Kalimat berikut yang merupakan kalimat pengandaian adalah….
a. Yuli memang malas belajar sehingga tidak naik kelas.
b. Suaranya merdu seperti penyanyi.
c. Daripada melamun lebih baik kamu belajar.
d. Sekiranya ia dapat membeli sepeda, ia akan ke rumahmu naik sepeda.


15. Anak itu sehat secara lahiriah
Akhiran-iah pada kata lahiriah berfungsi membentuk….
a. kata benda
b. kata kerja
c. kata sifat
d. kata keadaan


16. Kata berikut ini yang tepat mendapat imbuhan –wi adalah….
a. lahir
b. batin
c. surga
d. badan


17. Pewawancara : Sejak kapan Bapak bertugas sebagai pengamat Gunung Merapi?
Tokoh : Sejak saya selesai menempuh pendidikan S-2 tahun 1992.
Pewawancara : Bagaimanakah masyarakat sekitar Merapi menyikapi keadaan Merapi yang terlihat semakin aktif?
Tokoh : Mereka lebih cenderung mempercayai isyarat alam daripada pendapat para ahli.
Pewawancara : …
Tokoh : Sebagai petugas saya wajib memberikan informasi berdasarkan hasil pengamatan Direktorat Vulkanologi.


Pertanyaan yang tepat untuk melengkapi wawancara tersebut adalah….
a. Apakah Bapak puas terhadap kepercayaan mereka tentang Merapi?
b. Mengapa penduduk sekitar Merapi lebih percaya pada isyarat alam?
c. Bagaimana hasil pengamatan Bapak terhadap aktifnya alam?
d. Langkah apa yang Bapak tempuh untuk mengatasi kepercayaan mereka?


18. Tokoh yang diwawancarai pada dialog di atas bertugas sebagai….
a. penjaga Gunung Merapi
b. pengamat Gunung Merapi
c. Dinas Kehutanan
d. Pendidikan S-2


19. Berikut merupakan ciri-ciri syair, kecuali….
a. bersajak aaaa
b. setiap bait terdiri atas empat baris
c. baris 1,2 sampiran, dan baris 3,4 isi
d. semua baris merupakan isi


20. SYAIR KUMBANG DAN MELATI
Dengarkan tuan kisah bermula
Ceritanya Ratu di Jenggala
Asalnya dari Batara kali
….


Larik yang sesuai untuk melengkapi penggalan syair di atas adalah….
a. Orang gagah tidak terkira
c. Negerinya besar tidak tercela
b. Terkenal di mana-mana
d. Istrinya cantik luar biasa




DI BAWAH GELOMBANG
Karya : Sanusi Pane
Aku membawa bidukku perlahan
Dalam kesunyian malam waktu
Tidak berpawang tidak berkawan
Entah ke mana aku tak tahu
Jauh di atas bintang kemilau
Seperti sudah berabad-abad
Dengan damai mereka meninjau
Kehidupan bumi yang kecil amat.


Aku bernyanyi dengan suara
Seperti bisikan di daun
Suaraku hilang di dalam udara
Dalam laut yang beralun-alun.


21. Puisi di atas, yang berjudul “Di Bawah Gelombang,” dapat kita rumuskan temanya, yaitu….
a. kekhawatiran penyair
b. kekaguman penyair
c. renungan penyair
d. suara hati penyair yang sedih


22. Dari puisi berjudul “Di Bawah Gelombang” terkandung pesan moral, yaitu ….
a. Hendaknya kita selalu ingat akan kebesaran Tuhan.
b. Dunia ini kecil dibandingkan dengan kebesaran Tuhan.
c. Kita dapat damai dengan bernyanyi di waktu sunyi.
d. Hidup tanpa kawan menjadi sepi.


23. Dari puisi berjudul “Di Bawah Gelombang”pada soal di atas, jika dipahami baris demi baris, yang paling banyak kita temukan adalah citraan….
a. pendengaran
b. penglihatan
c. perasaan
d. penciuman


24. Perjalanan cerita dari awal sampai akhir disebut….
a. tema
b. alur
c. amanat
d. sudut pandang


25. Tempat terjadinya suatu cerita disebut….
a. alur
c. sudut pandang
b. tema
d. latar




KISAH DI KANTOR POS
….
“Tadi agaknya telah terjadi suatu kekeliruan ketika Nona membayarkan uang pos wesel kepada saya,” ujarku
“Mana dapat keliru?” si pegawai menyela dengan cepat,
“Seharusnya saya terima tiga ratus rupiah, bukan? Kalau tak salah, sekian itulah yang tertulis dalam pos wesel saya.”
“Coba saya lihat dulu. Saya masih ingat pos wesel Anda!” si pegawai lalu memeriksa salah satu lajur dalam daftar yang terkembang di hadapannya, kemudian katanya. “Nah ini, wesel pos nomor 147 dengan huruf g jumlah uang tiga ratus rupiah. Apa yang keliru? Bukankah tadi Saudara terima dari saya tiga ratus rupiah?” “Tidak, jawab si laki-laki.” Nona tadi memberikan kepada saya bukan tiga lembar uang ratusan, tapi empat lembar. Tadi empat ratus rupiah yang saya terima.”
(Mohammad Ali)


26. Tokoh utama cerpen di atas adalah….
a. pegawai pos
b. laki-laki di kantor pos
c. nona pegawai pos
d. laki-laki pengambil pos wesel


27. Watak tokoh utama dalam cerpen di atas adalah….
a. jujur
b. kikir
c. sabar
d. pemarah


28. Tema paling tepat untuk cerpan tersebut adalah….
a. kegemaran
b. kedisiplinan
c. kejujuran
d. kemanusiaan


Pada pelajaran Bu Ratna aku tidak dapat konsentrasi sama sekali. Oh Tuhan, aku menyesal. Mengapa aku lakukan perbuatan itu. Itupun juga salahku karena tidak belajar sebelumnya. Aku terpaksa menyontek. Aku tidak ingin mendapatkan nilai di bawah 5.
Sumber: Karena Menyontek, Lia Isvarischa


29. Latar pada kutipan cerpen tersebut adalah….
a. di rumah
b. di halaman
c. di kelas
d. di rumah sakit


30. Nilai-nilai yang terkandung dalam penggalan cerpen di atas pada nomor 29 adalah….
a. keterusteranga
b. kepasrahan
c. kejujuran
d. penyesalan


31. Cerita Sincan justru merusak nilai pendidikan yang kita tanamkan kepada anak-anak.
Komentar logis atas pendapat di atas adalah ....
a. pendapat tersebut benar karena cerita Sincan tampil dengan ketidaksopanan
b. pendapat tersebut benar, karena tidak selayaknya nilai pendidikan ditampilkan melalui kartun
c. pendapat tersebut benar karena karena sinetron Sincan berasal dari negara lain
d. pendapat tersebut benar karena Sincan tidak cocok ditonton anak-anak


32. Manakah berikut ini yang merupakan kritik dari yang paling logis?
a. Wajar kalau lukisan itu laku mahal karena yang membeli orang kaya
b. Lukisan tersebut bagus karena memang mahal
c. Lukisan itu bagus, karena dibuat oleh pelukis terkenal
d. Wajar kalau bagus karena catnya banyak


33. Jika Anda mengkritik sebuah lukisan, hal apa yang menjadi bahan pertimbangan?
a. alat yang digunakan
c. Tempat melukisnya
b. pelukisnya
d. Hasil lukisannya


34. Nanti-nantikanlah
Rumput kering menguning
Terhampar luas
Gemetar tampak hawa panas
Atas padang sunyi


Apakah kelebihan penggalan puisi di atas?
a. barisnya hanya empat
b. persamaan bunyi menarik
c. menggunakan makna kias
d. sulit dipahami maknanya


35. Apa kelemahan puisi di atas?
a. sebait berisi empat baris
b. bunyi di akhir baris
c. kata-katanya indah
d. sulit dipahami maknanya


36. Ada lukisan pantai Bali saat mentari hampir terbenam karya Gunarsa.
Apakah kritikan yang paling baik?
a. Lukisannya bagus, sayang warna mataharinya kurang cerah sedikit.
b. Lukisan itu bagus, pokoknya bagus
c. Lukisan itu jelek, saya tidak senang
d. Lukisannya bagus sayang yang melukis bukan Afandi


37. Dalam rangka bulan bahasa, SMPN Megang Sakti mengadakan lomba baca puisi. Banyak siswa yang menyukai lomba baca puisi tersebut.
Unsur berita apakah yang tidak ada dalam laporan berita tersebut?
a. di mana
c. mengapa
b. kapan
d. bagaimana


38. Saudara, saya ini berada di lokasi kebakaran kompleks pertokoan menara kencana. Tampak api masih menyala-nyala melalap kios di bagian timur.
Unsur apakah yang belum ada pada laporan di atas?
a. apa
c. bagaimana
b. di mana
d. mengapa


39. Setiap pagi Widodo keluar dari gubuknya, meninggalkan istri dan kedua anaknya, membawa tas hitam murahan. Sudah seminggu ini persediaan beras di rumah menipis. Istrinya meratap tetapi Widodo hanya mengatakan agar menunggu berapa hari. ”Aku akan pulang dengan tas hitam ini penuh dengan uang”.
                Siapa mau membeli teko itu dengan harga jutaan rupiah seperti impianmu? Yang kuperlukan bukan uang sebanyak itu, aku hanya ingin beras dan ikan asin. Aku tak tahan melihat anak-anak menangis karena lapar” ujar istrinya.
Dari penggalan cerpen di atas alur cerpen yang dilukiskan secara menonjol adalah ....
a. setting
c. konflik
b. pengenalan masalah
d. penyelesaian


40. Manakah berikut ini yang merupakan setting dari penggalan cerpen di atas?
a. pagi hari di sebuah gubuk
b. gubuk
c. pagi hari
d. setiap pagi

Tanggal 25 Oktober 2014

0 komentar:

Posting Komentar