twitter
rss

Bernyanyi adalah rutinitas yang disukai oleh mayoritas orang di segala penjuru dunia, mengapa disebut rutinitas? Karena secara naluriah orang akan bernyanyi sesuai dengan emosi yang dirasakan sehingga dengan kata lain bernyanyi merupakan bentuk cara pengekspresian emosional dari dalam diri seseorang dimana perasaannya akan tersampaikan melalui nada-nada yang dialunkannya tersebut. Maka wajarlah jika rutinitas bernyanyi tidak hanya dilakukan oleh orang-orang yang memiliki suara merdu saja.
Dalam beberapa artikel lain bernyanyi disebut-sebut banyak memiliki manfaat untuk kesehatan fisik maupun psikis dan psikologi. Diantaranya baik untuk kesehatan jantung, berfungsi membersihkan sistem pernafasan dan sinus, meningkatkan fungsi saraf dan sistem imun serta membangkitkan semangat dan menurunkan stress.
Untuk bernyanyi dengan ekspresif umumnya orang-orang akan melakukannya di dalam kamar mandi saat mandi. Tahukah? tempat seperti apakah kamar mandi itu? Meskipun kita ketahui bahwa kamar mandi merupakan tempat untuk membersihan diri, tapi tidak dapat dipungkiri juga bahwa kamar mandi merupakan salah satu tempat bakteri bersarang dan berkembang. Sebagian orang  akan berpikir bahwa ancaman dari kontaminasi kuman berupa bakteri, virus dan jamur dari kamar mandi tidak akan berpengaruh jika kamar mandi dalam keadaan bersih terawat. Namun sayangnya hal tersebut hanya sedikit membantu, untuk perkembangan mikroorganisme yang tidak dapat terlihat secara kasat mata hal tersebut tidak cukup, terlebih jika kebanyakan orang sangat senang bernyanyi di kamar mandi saat setiap kali mandi.
Philip M Tierno, Jr., Ph.D, direktur klinik mikrobiologi dan diagnostik di Rumah Sakit Tischh, New York University Medical Central mengatakan, bahwa sebenarnya di dalam tubuh manusiapun juga ada bakteri,  ada yang baik dan ada yang jahat. "Namun, agar bakteri di dalam tubuh ini tidak bermutasi dan berkembang karena lingkungan kita juga kaya akan bakteri, maka kita perlu mewaspadai dan menghindarinya," ungkapnya.
Dalam proses reproduksinya bakteri membutuhkan waktu 20 menit-20 jam untuk dapat membelah. Dalam waktu empat jam bakteri sudah membelah sebanyak satu milyar. Lalu apa yang akan terjadi dengan orang-orang yang suka bernyanyi saat mandi sehingga membuat frekuensinya berada di dalam kamar mandi menjadi semakin lama sampai berjam-jam dan memungkinkan untuk terkontaminasi mikroba yang berkembang selama beberapa jam di dalam kamar mandi. Sedangkan tidak sedikit mikroba jahat yang menimbulkan kerugian berupa penyakit bagi tubuh manusia. Selain itu saat bernyanyi mempermudah masuknya mikroorganisme tersebut ke dalam tubuh manusia, karena saat bernyanyi manusia akan seringkali membuka mulutnya untuk mengeluaran suara atau nada. Untuk sekedar sharing perlu diketahui beberapa info yang saya dapat mengenai keberadaan jenis-jenis mikroba yang biasanya hidup di kamar mandi diantaranya adalah:
Virus Gastrointestinal
yang menyebabkan sakit perut pada manusia. Juga termasuk Norovirus yang menyebabkan gejala flu perut. Virus gastrointestinal sangat mudah berpindah dan akan menumpuk di bagian permukaan kamar mandi.. Virus jenis ini berkembang di toilet dan dapat masuk ke dalam tubuh apabila kita tidak mencuci tangan setelah memakai toilet. "Selain bakteri, ada virus yang berkembang di kamar mandi yang menyebabkan sakit pada perut. Hindari penularan virus ini dengan mencuci tangan dengan sabun agar virus tidak masuk ke dalam tubuh," ungkap Philip seperti dikutip dari webmd.com.
Pathogen enteric
yang menyebar dengan cara mengontaminasi makanan yang bisa jadi dibawa melalui feses. Bakteri ini meliputi E.Coli, salmonella, higella, dan campylobacter. Bakteri E.Coli sendiri dapat menyebabkan penyakit diare dengan darah pada feses manusia. Bakteri-bakteri tersebut bisa tersebar karena tidak mencuci tangan setelah beraktivitas di kamar mandi dan memegang benda-benda yang berpotensi terkontaminasi bakteri atau virus.
Staphylococcus aurea
Bakteri penyebab penyakit kulit dan pernapasan seperti Staphylococcus aurea atau dikenal dengan bakteri staph yang menyebabkan penyakit Methicillin Resistant Staphylococcus aureus (MRSA). Pencegahan dari infeksi bakteri ini dapat dilakukan dengan mencuci tangan setelah melakukan aktivitas di kamar mandi atau tempat-tempat lain yang berpotensi terkontaminasi bakteri Staphylococcus aerus.
 Dermatophitic fungi
Adalah bakteri jamur yang tersebar biasanya melalui kulit langsung, terutama saat bertelanjang kaki di lantai kamar mandi. Dapat menyebabkan jamur yang tumbuh di kaki dan bau pada kaki. Sejenis bakteri yang menyebabkan infeksi dan kebal terhadap semua antibiotik. Selain dari masalah kesehatan yang ditimbulkan dari sisi mikrobiologi dan beberapa manfaat bernyanyi untuk kesehatan yang telah disebutkan di atas, dari sisi kesehatan pun mandi sambil bernyanyi akan menimbulkan dampak negatif karena waktu yang di pakai untuk mandi biasanya akan menjadi lebih lama karena faktor penghayatan terhadap nyanyiannya saat mandi. Sehingga waktu yang dihabiskan terkena air dan tubuh dalam keadaan lembab akan semakin lama pula, hal inilah yang menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan.Untuk menerapkan hidup yang sehat yang lebih baik kita dapat berpikir untuk memilih demi kesehatan tubuh kita. .
Aneka jamur dan lumut
Jamur dan lumut dapat segera tumbuh subur di lingkungan yang lembab, dan di sanalah bakteri jadi dengan mudah dapat berkembang biak.
Untuk itu, sangat penting untuk membersihkan kamar mandi, menyikat lantai memakai desinfektan serta memberikan ventilasi yang cukup agar kamar mandi tidak terlalu lembab. Jangan lupa pula untuk selalu mencuci tangan dengan sabun agar terhindar dari kontaminasi bakteri jahat 
Beberapa waktu yang lalu, saya sempat berbincang dengan beberapa orang mengenai bernyanyi dan berbicara di dalam kamar mandi atau WC. Untuk lebih jelasnya saya mencari beberapa informasi untuk menjelaskan tentang hal tersebut, dan saya mendapatkan informasi yang cukup untuk dimengerti.

Hukum Berbicara di kamar mandi dalam islam adalah makruh (Perbuatan yang sebaiknya tidak dilakukan )
Dapat kita pahami dalam percakapan berikut:

ما هو حكم الكلام -كلام الشخص- داخل الحمام في بيت الخلاء؟
Pertanyaan, “Apa hukum berbicara di kamar mandi?”
إذا دعت الحاجة إليه لا بأس،
Jawaban Syaikh Ibnu Baz, “Jika ada kebutuhan untuk berbicara ketika berada di dalam kamar mandi, hukumnya tidaklah mengapa.
وإن لم تدع الحاجة تركه أولى،
Akan tetapi jika tidak ada kebutuhan maka menghindarinya adalah suatu hal yang lebih baik.
فإذا دعت الحاجة ينبه أحد أو يقول افعلوا كذا، للحاجة فلا بأس.
Jika ada kebutuhan semisal mengingatkan seseorang atau memerintahkan untuk mengambilkan sesuatu maka hukumnya adalah tidak mengapa”.

Lalu tentang hukum bernyanyi dalam kamar mandi dapat kita terapkan dari sebuah hadist.

RASULULLAH SAW bercerita dalam sebuah hadits, 
‘Ya Allah, adam dan keturunannya Engkau beri tempat tinggal di bumi, maka berilah pula aku tempat tinggal,’
Allah SWT berfirman, ‘‘tempat tinggalmu adalah WC (kamar mandi atau jamban),’’
(HR. Bukhari).


Di dalam kamar mandi itulah iblis dan setan menggoda manusia yang mengunjungi rumahnya, dan beberapa hal yang tidak boleh dilakukan adalah:
bernyanyi atau mendengarkan musik di kamar mandi, melakukan hal asusila, wudhu sambil telanjang, bermain-main air, dan sebagainya. 
Oleh karena itu sebaiknya kita sebelum dan sesudah masuk kamar mandi harap berdoa terlebih dahulu.

0 komentar:

Posting Komentar