twitter
rss




Robot humanoid yang mampu menari Gangnam Style dipamerkan oleh mahasiswa Universitas Riau (UR) jurusan Teknik Elektro dalam Engineering Expo di hadapan para tamu yang berasal dari Universitas Teknologi Malaysia dan Universitas Nagoya Jepang pada Selasa (18/11).
Muhammad Jubri Fikri, mahasiswa jurusan Teknik Elektro semester tujuh, dalam presentasinya, menyampaikan robot tersebut merupakan jenis robot humanoid dengan ukuran sekitar 60 cm dan telah mengikuti lomba di berbagai kompetisi.
"Robot ini telah mengikuti berbagai lomba. Walau belum meraih prestasi, kami tetap mengembangkan robot ini," ujarnya dalam kegiatan bertajuk "Academic Excellent Towards Industry Competitiveness" ini. Fikri mengaku biaya pembuatan robot tersebut cukup mahal, yakni sekitar Rp 20 juta per unit. 
Robot yang dipamerkan itu menghibur para peserta yang menghadiri Engineering Expo, bahkan acara pembukaan yang semula formal menjadi sedikit "mencair".  Selama robot menarikan gerakan Gangnam Style, tepuk tangan terus menghujani mahasiswa pencipta robot tersebut.
Mahasiswa elektro, kata Fikri hingga kini telah membuat enam unit robot, empat unit di antaranya berjenis humanoid dan dua robot lainnya berjenis laba-laba memiliki roda. 
Sumber http://www.satuharapan.com/read-detail/read/mahasiswa-riau-pamerkan-robot-humanoid-penari-gangnam-style

0 komentar:

Posting Komentar